Powered By Blogger

Senin, 09 Januari 2012

JAGALAH HUTAN KITA

Kebakaran hutan dan lahan gambut di sejumlah wilayah Indonesia sudah menjadi kado tahunan yang rutin terjadi. Pembukaan lahan dengan pembakaran secara besar-besaran untuk kebutuhan hutan tanaman industri, perkebunan sawit dan proyek lahan gambut sejuta hektar yang mengakibatkan kerusakan parah menjadi penyebab utama tak terkendalinya kebakaran hutan di sejumlah wilatah di Indonesia.
Musim kemarau yang terjadi sejak Juli lalu telah mengakibatkan kebakarah hutan dan lahan gambut di Kalimantan Tengah yang cukup serius.Walaupun tidak separah kebakaran lahan gambut yang terjadi pada 1997 lalu yang luasannya mencapai 0,73 juta ha, namun kebakaran yang melanda Kalteng sejak September ini telah memasuki wilayah di dalam dan sekitar kawasan konservasi TN. Sebangau. ( wwf )

Menurut berita yang saya dengar di Kalimantan Tengah, lokasi yang terbakar berada di wilayah-wilayah dekat sungai atau kanal yang mudah terjangkau oleh manusia. Berdasarakan hasil wawancara dengan pihak Balai Taman Nasional Sebangau, diperkirakan luasan area yang terbakar adalah 20 ha di Pulang Pisau, 600 ha di Mendawai dan sekitar 20 ha lebih di sekitar Palangkaraya. Lokasi pembibitan Garuda di TN. Sebangau juga patut diwaspadai mengingat lokasinya sangat dekat dengan kebakaran yang terjadi di sekitar kawasan taman.
kebakaran hutan dan lahan gambut di Kawasan Indonesia terutama di Sumatra dan Kalimantan butuh upaya penanganan yang serius dari semua elemen, baik masyarakat, LSM, maupun pemerintah. Dalam kasus ini sepertinya pemerintah kurang serius menagani masalah ini, ini terlihat karena bencana ini dating setiap tahun dan pemerintah tidak dapat berbuat banyak padahal ini adalah masalah yang sama dari tahun ke tahun. Selain pemerintah masyarakat sekitar pun harus bisa menjaga lingkungan dan diberi penyuluhan kepada masyarakat untuk menjaga alam dan dampaknya yang akan terjadi apabila alam rusak. Oleh karenanya saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar kita, janganlah membuka lahan dengan cara membakar hutan. Saya berharap pemerintah memperkuat aspek pencegahan kebakaran hutan maupun lahan gambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar