Powered By Blogger

Rabu, 06 April 2011

PETA PEREKONOMIAN TIMIKA


Timika adalah ibu kota dari kabupaten mimika, secara geografis terletak antara 134’31-138’ BT dan 4’60’-5’18’LS. Stuktur geografis timika sebagian besar daratan tinggi yang diawali dari sebuah pegunungan setinggi lebih dari seribu meter dari mpermukaan laut dan diselimuti hutan tropis. Luas kabupaten ini adalah 21.522,77 KM2 yang dibagi menjadi 12 kecamatan.
Kekeyaan mineral yang sangat besar tersimpan di kabupaten ini, potensi tambang di kabupaten ini menembus rekor internasional, yaitu cadangan tembaga terbesar ke tiga di dunia sedangkan potensi emasnya menjadi yang pertama di dunia. Itulah yang menjadi kekuatan perekonomioan mimika sampai saat ini. Denga cadangan bijih tambang Gransberg 2,6 miliar ton di areal 202,960 hektar, sanggup mengerakan perekonomian daerah, terbukti APBD nya di tahun 2010 ini menembus anggka 1,5 triliyun dengan PDB perkapita Rp. 295,05 juta di tahun 2009. Tidak aneh jika timika masuk daftar 6 kabupaten terkaya di Indonesia, dengan Rp. 32.6 miliar timika merupakan penyumbang pajak terbesar se Indonesia.
Tempat wisata yang biasa di kunjungi adalah Gunung Grasberg: Berada sekitar 20 Km dari Timika dan di tempuh dengan menggunakan bis atau truk khusus.
Suku Komoro: Suku ini pandai membuat karya ukir dan aneka topeng roh yang di pamerkan dan di jual.

1 komentar:

  1. nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    BalasHapus